Rabu, 24 Agustus 2016

Ini Alasan Mengapa Asuransi Itu Bermanfaat (menjadi bankir untuk diri Anda sendiri)

Halo pembaca setia cara hidup ideal, semoga semua pembaca dalam keadaan bersemangat dalam memperjuangkan kemerdekaan ekonominya masing-masing. Kali ini topik yang diangkat adalah bagaimana cara hidup ideal untuk menjadi penasihat keuangan untuk diri Anda sendiri, Nah..menarik bukan?

Tentang uang.. akan selalu ada dua kondisi ini bila kita berbicara tentang uang, kondisi pertama adalah Anda tidak memiliki uang, dan kondisi kedua adalah Anda tidak tahu harus "diapakan" uang yang Anda miliki. Kondisinya berbeda pada tahun 1971an ketika itu hanya ada satu lembaga keuangan yaitu bank, pada saat itu kita tidak punya pilihan lain selain menaruh uang kita di bank namun sekarang sangatlah berbeda Anda bisa lihat betapa banyaknya lembaga-lembaga keuangan yang bermunculan dan dengan keadaan seperti ini bila Anda tidak melengkapi diri Anda dengan pendidikan keuangan yang memadai maka kemungkinan besar Anda akan jatuh miskin, uang Anda akan habis..

Minimnya pendidikan keuangan membuat banyak orang berlomba-lomba membeli produk asuransi jiwa untuk perlindungan bila mereka tidak mampu menghasilkan uang lagi padahal dalam banyak kasus asuransi jiwa memberikan keuntungan yang lebih besar kepada perusahaan asuransi dibandingkan kepada pemegang polis, selain dari claim asuransi jiwa bila terjadi kematian selama masa kontrak.

Namun asuransi jiwa dengan unit link (yang mana saat ini semua asuransi jiwa satu paket dengan unit link) juga lebih baik daripada menabung uang di bank secara tradisional. Berikut manfaat asuransi jiwa yang bisa saya bagikan

Bila hasil unit link dari asuransi jiwa Anda bagus maka Anda Bisa Mendapat Sejumlah Nilai Tunai Yang Bisa Anda Tarik. Namun bila hasil dari unit link Anda tidak bagus atau malah tidak menghasilkan saat Anda butuhkan maka Anda tidak bisa menarik dan tunai ini.

Sebagai Tabungan Masa Depan.  Dengan adannya fasilitas tarik tunai tadi, Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan dana itu untuk berinvestasi. Hampir semua Agen pasti menyarankan agar para pemegang polis menahan dana yang bisa di tarik tadi agar nilai yang dihasilkan bisa lebih besar lagi. Namun pilihan tetap di tangan Anda sebagai pemegang polis.

Memberikan "pinjaman" Dengan Bunga Yang Lebih Rendah Dari Bank.  Dana Tarik tunai yang bisa Anda tarik itu adalah ibarat pinjaman dengan bunga yang lebih rendah dari bunga bank pada umumnya. Tentu saja Anda sedang meminjam uang Anda sendiri dan tanpa disertai kewajiban untuk mengangsur nya kembali, namun hal yang perlu diperhatikan adalah uang yang Anda tarik ini akan mengurangi manfaat dari klaim bila Anda meninggal, jadi keluarga Anda akan menerima manfaat kematian yang sudah dikurangi dengan dana yang Anda tarik.

Pembagian Deviden (pembagian keuntungan). Keuntungan lain dari asuransi jiwa adalah pajak. Ya..di banyak perusahaan asuransi deviden yang dibagikan dibukukan sebagai pengembalian premi, sehingga bebas pajak. Walaupun tidak ada jaminan perusahaan asuransi akan membagikan deviden namun sudah selama seratus tahun belakangan perusahaan asuransi selalu membagikan deviden, nah dana ini bisa Anda ambil tunai, Anda gunakan untuk melanjutkan bayar premi atau Anda gunakan untuk "top up" premi agar manfaat kematian bisa lebih besar.

Sudah agak jelas bukan apa saja manfaat berasuransi, nah dari sedikit penjabaran tadi terlihat bahwa asuransi sebaiknya tidak Anda jadikan investasi utama walaupun hasilnya terkadang lebih baik dari Anda menabung secara tradisional di bank umum.




Sumber
Richdad.com

Sumber gambar
www.republika.co.id





.

Load disqus comments

0 komentar