Sabtu, 23 April 2016

Enam Cara Hidup Ideal Mengurangi Hutang Buruk

Selamat Sore pembaca setia, tulisan kali ini saya bagikan tentang cara hidup ideal untuk mengurangi hutang-hutang buruk kita. Sebagaimana kita ketahui, bahwa hutang terdiri dari dua jenis, pertama hutang baik dan kedua hutang buruk. Hutang baik adalah hutang yang kita punya untuk keperluan produktif seperti bisnis dan investasi sedangkan hutang buruk adalah hutang yang kita punya untuk keperluan konsumtif seperti berhutang untuk biaya liburan dan untuk hal-hal yang tidak menghasilkan keuntungan lain.

Menurut Robert dan Kim Kiyosaki ada enam cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan melunasi hutang-hutang buruk kita. Cara ini adalah hasil dari pengalaman mereka (Robert dan Kim) dari saat-saat awal mereka dalam usaha mencapai kebebasan keuangan. Berikut adalah ke enam cara tersebut :
  1. Tetaplah memeriksa jumlah hutang Anda, apabila Anda memiliki beberapa kartu kredit dengan saldo yang masih bisa digunakan maka disiplinkan diri Anda untuk tetap menggunakan maksimal satu atau dua kartu kredit Anda. Dan bayarlah biaya tambahan dari kartu kredit Anda setiap bulannya.
  2. Perbanyak uang tunai Anda, temukan dan lakukan berbagai cara untuk menghasilkan uang lebih sebesar minimal satu juta rupiah, baik itu melalui kerja sampingan atau dagang dan melalui memangkas pengeluaran Anda sebesar satu juta rupiah.
  3. Fokus, dengan penghasilan lebih yang Anda dapatkan, fokuskan membayar membayar ke satu kartu kredit Anda saja terlebih dahulu tentunya setelah membayar pembayaran minimum untuk kartu kredit Anda yang lain. Jadi untuk salah satu kartu kredit Anda itu, Anda membayar pembayaran minimum ditambah satu juta penghasilan tambahan Anda tadi.
  4. Lanjutkan Pola-nya, setelah satu kartu kredit Anda tertutupi, lanjutkan dengan kartu kredit Anda yang lain. Dengan melakukan ini, tentunya kewajiban Anda akan berkurang setiap bulannya.
  5. Terapkan di semua hutang buruk Anda, setelah semua tagihan kartu kredit Anda lunas, lanjutkan ke kredit mobil, rumah dan kredit lain yang tidak menghasilkan. Anda akan terkejut dengan seberapa cepat hutang buruk Anda luna 
  6. Bangun kekayaan Anda, gunakan kelebihan penghasilan Anda yang satu juta rupiah itu untuk berinvestasi dan buat uang Anda bekerja untuk Anda.
Cara-cara yang diajarkan oleh Robert dan Kim ini kelihatannya mudah dan sepele, namun perlu pembaca ketahui, saya sudah mencobanya..dan ternyata diperlukan kedisiplinan dan pengorbanan untuk konsisten melakukannya ditengah gaya hidup manusia zaman sekarang. Jadi pilihannya apakah Anda mau mengikuti gaya hidup manusia zaman sekarang yang gemar berfoya-foya atau mengikuti saran Robert dan Kim Kiyosaki dalam membangun kekayaan ? pilihan ada di Anda.

Sumber : The Rich Dad Company

   
Load disqus comments

0 komentar