Sabtu, 16 Januari 2016

Investasi, Menabung atau proteksi ? pilih salah satu agar hasil maksimal

Selamat pagi pembaca. cara hidup ideal kali ini Saya bagikan secara garis besarnya saja perbedaan Investasi, menabung dan proteksi. Saat ini sedang ramai di perbincangkan di media sosial banyak orang yang rugi telah membeli produk asuransi, termasuk Saya pun dulu merasa dirugikan sebelum tahu apa itu asuransi. 



Ada tiga macam produk keuangan yang sering membuat orang awam bingung, kurangnya edukasi dari perusahaan penjual dan kurangnya pengetahuan produk dari tenaga penjual di lapangan membuat masyarakat menjadi takut untuk membeli produk keuangan. Tiga produk itu adalah produk investasi, tabungan, proteksi dan money game. 

Investasi adalah kegiatan mengeluarkan uang dari saku kita yang sifatnya jangka panjang, jadi Ia akan memberikan imbal hasil yang maksimal bila dilakukan lebih dari 5th secara konsisten sebab di tahun pertama dan kedua biasanya imbal hasilnya sangat sedikit. Investasi sebaiknya tidak ditarik sewaktu-waktu karena akan mengganggu hasil investasi di akhir.

Tabungan adalah kegiatan mengeluarkan uang dari saku kita yang sifatnya jangka pendek, bisa kita tarik sewaktu-waktu. Imbal hasilnya biasanya dibawah investasi namun kegiatan tarik setor dana tidak berpengaruh signifikan terhadap imbal hasil yang kita peroleh

Proteksi adalah kegiatan mengeluarkan uang untuk membeli produk asuransi untuk perlindungan diri. Nah disinilah hal yang perlu saya tekankan lagi bahwa ASURANSI ADALAH UNTUK PERLINDUNGAN DIRI. Seiring dengan perkembangan pasar dan tidak melek nya masyarakat tentang keuangan, perusahaan asuransi beramai-ramai mengeluarkan unit link yaitu asuransi dengan tambahan investasi. Produk unit link ini ada sebab masyarakat tidak menyukai produk asuransi murni karena tidak ada hasil berupa uang yang didapat padahal sudah mengeluarkan uang. 

Untuk menyiasati permintaan pasar maka keluarlah unit link. Secara garis besar produk ini adalah gabungan antara asuransi dan investasi. Dana yang kita keluarkan akan dipilah peruntukaannya, sebagian ke asuransi sebagian ke investasi. Nah, masyarakat yang tidak paham akan hal ini ditambah mulut manis agen asuransi agar terjadi penjualan hal ini sering tidak dijelaskan. Akan terjadi perbedaan hasil bila Anda investasi murni sejumlah 100 ribu per bulan selama 20th dan asuransi unit link 100 ribu per bulan selama 20th, tentu saja hasil unit link lebih kecil karena dana yang 100 ribu itu sebagian digunakan untuk investasi sebagian untuk asuransi, hal ini harus menjadi perhatian masyarakat jangan percaya seratus persen terhadap agen karena tidak semua agen memahami produk nya dan tidak semua agen berniat menjual dibarengi dengan niat membantu.

Itu penjelasan singkat asuransi dari sisi keuangan, di balik kelemahan itu ada kelebihan asuransi yaitu bila dalam masa kontrak tejadi sesuatu berkaitan dengan kesehatan atau sampai meninggal dunia maka perusahaan akan membayarkan sejumlah uang sesuai kontrak kepada si nasabahnya dimana hal ini tidak terdapat di asuransi murni. Namun tidak ada jaminan dari siapapun akan hal ini sebab jika perusahaan bangkrut maka tidak akan ada yang membayar Anda sepeser pun.

Terakhir money game, ini adalah permainan yang dibuat seperti instrumen keuangan namun dengan imbal hasil yang luar biasa bahkan bisa sampai 40% per bulan.. wooow bukan? bahkan lebih besar dari hasil dagang. Namun sangat menyedihkan permainan macam ini justru tumbuh subur di Indonesia, seiring dengan kebiasaan masyarakat kita yang ingin cepat dalam meraih hasil, dan budaya serba instan. Imbal hasil yang dijanjikan berasal dari nasabah berikutnya, begitu saja seterusnya untuk membayar nasabah pertama didapat dari uang nasabah kedua. Semua akan lancar-lancar saja sampai tidak ada nasabah berikutnya atau bila pemilik perusahaan kabur maka tidak akan ada yang menjamin 

Demikian penjelasan singkat Saya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam mengelola keuangan pribadi Anda. Pikirkan baik-baik sebelum memilih dan pilihlah produk keuangan yang paling sesuai dengan keadaan keuangan Anda.




Load disqus comments

0 komentar