Selasa, 22 Desember 2015

Cara Hidup Ideal Mengelola Keuangan Pribadi

Selamat pagi pembaca, pada kesempatan kali ini Saya bagikan tips cara hidup ideal dalam mengelola keuangan pribadi.

Beberapa waktu lalu saya mengikuti workshop yang diadakan oleh Bapak Joe Hartanto tentang properti, salah satu hal menarik bagi saya adalah cara mengelola pengeluaran pribadi yang beliau lakukan, sehari-hari cara ini sudah saya lakukan namun seringkali kelupaan. Cara itu adalah mencatat setiap pengeluaran yang kita lakukan.

Selama ini saya mencatatnya di buku saku saya, memang buku saku gampang dibawa kemana-mana tapi pada kenyataanya hal yang membuat cara saya ini sering tidak berhasil adalah saat Saya berada di perbelanjaan umum, Saya seringkali menunda untuk menuliskan berapa rupiah uang yang Saya keluarkan saat itu sebab ada rasa malu atau enggan bila kita mengeluarkan catatan Kita di depan kasir.  Biasanya setelah ditunda pasti kebablasan dan kelupaan dan sudah pasti tidak tercatat di buku saku saya.

Waktu itu pak Joe mengatakan beliau mencatat pengeluaran beliau di HP, sehingga segera setelah melakukan pembayaran beliau keluarkan HPnya dan mencatatnya.

Kegiatan mencatat pengeluaran ini sangat berguna untuk menganalisa dan menghitung jumlah pengeluaran kita, dan biasanya setelah Anda catat dan hitung totalannya di akhir bulan Anda akan terkejut dengan berapa besar uang yang Anda belanjakan untuk hal-hal yang tidak penting. Selain itu fungsi mencatat pengeluaran adalah Anda bisa mengetahui kemana saja pengeluaran terbanyak Anda dan membuat analisa selanjutnya.     
Load disqus comments

0 komentar