Minggu, 06 Juli 2014

Cara Mencari Ide Bisnis

Hampir setiap orang mempunyai keinginan untuk berbisnis. berbagai cara pun dilakukan untuk dapat mencari  ide bisnis atau menenukan ide peluang usaha. Bagaimana melakukan Riset Niche (ceruk pasar), menemukan Niche yang tepat, dan mengetahui demographics potensial visitor Blog Bisnis Online kita...? Apakah Niche Blog?

Niche secara harafiah berarti ceruk pasar. Tetapi saya akan akan menggambarkannya sebagai :
”Sekelompok orang yang memiliki minat (passion) yang sama, dan mencari pemecahan masalah yang sama”
Cara Mencari Ide Bisnis

Mengapa Niche begitu penting?
Memilih niche adalah pondasi dari bisnis online. Tidak ada satu faktor yang begitu berpengaruh besar atas sukses tidaknya bisnis online, kecuali Niche.
Kita bisa memperbaiki banyak kesalahan, seperti memperbaiki artikel yang buruk, memperbaiki design blog, merubah setting SEO, dll. Itu semua bisa dirubah kapanpun, dengan cepat. Tetapi tidak dengan Niche.

Begitu kita salah memilih niche, dan ternyata niche yang kita pilih tidak cukup memiliki peminat atau pembeli, atau kita ternyata tidak memiliki kemampuan untuk menyajikan informasi atas niche tersebut terus menerus. Seluruh kerja kita sia- sia.

Cara memilih Niche Blog
Memilih Niche adalah dasar sebuah bisnis, dan sudah dilakukan jauh sebelum internet ada. Proses nya sangat sederhana:
  • Menemukan tempat orang-orang yang memiliki minat atau masalah yang sama, dan akan mengeluarkan uang untuk jawaban atas masalah mereka.
  • Menyiapkan informasi, produk untuk membantu mereka menyelesaikan masalahnya.
Memilih Niche Blog yang Potensial
Kalo begitu, apa susahnya? Tinggal cari Niche mahal, dengan HPK atau High Paying Keywords, bikin artikel, selesai, dapat duit dari adsense.
Pendapat diatas tidak salah, hanya saja. Sebelum kita mulai, silakan anda duduk sebentar, dan renungkan ini:
  1. Apakah kita sanggup menulis tentang “insurance” setiap hari, terus menerus selama bertahun-tahun. Padahal kita tidak menguasai sedikitpun tentang hal tersebut? Padahal kita tidak menyukai bidang tersebut ?
  2. Mungkin anda bisa berkelit dengan mengatakan bisa memakai jasa content writer untuk itu. Apakah menurut anda “Niche Content writer” yang anda bayar hanya $1-$2 per artikel bisa memberikan artikel yang berkualitas? Apakah sangat mungkin jika mereka hanya melakukan sedikit rewrite atas artikel yg sudah ada? Atau hanya menggunakan artikel PLR/MRR yang sangat mudah saturasi?
  3. Nge Blog itu seharusnya menyenangkan, dan anda bisa senang hanya jika anda menyukainya. Jadi mengapa anda tidak mulai menulis tentang sesuatu yang anda sukai, atau lebih baik lagi jika anda kuasai.
  4. Jika anda suka, walaupun ilmu masih terbatas, anda akan melakukannya sambil meng improve pengetahuan anda dengan rasa bahagia.
      
 

Ide Niche Blog

Kita akan sederhanakan lagi pemahaman kita Tentang Niche, dari sudut pandang seorang Internet Marketer:

    “Dimana orang berkumpul, disitu uang beredar”


Ya. Cari tempat dimana orang banyak berkumpul. Sudah bisa dipastikan, disitu ada uang yang beredar, dan bisa menghasilkan keuntungan bagi kita.

Kita juga tidak bisa membidik banyak niche sekaligus. Kita harus menentukan satu niche yang akan kita fokuskan. Markplus (institusi yang bergerak di bidang riset pemasaran, milik Bapak Hermawan Kartajaya, Presiden World Marketing Association) sudah melakukan sebuah riset mengenai produk apa saja yang paling banyak diperjualbelikan di internet pada tahun 2013. Hasil riset dari Markplus tersebut adalah seperti ini :
 
Peluang Usaha Sampingan

Ternyata produk yang paling banyak dibelanjakan secara online adalah apparel atau pakaian. Kemudian diikuti oleh sepatu, tas, arloji. Itu berarti niche mengenai fashion di urutan pertama. Kemudian tiket pesawat. Lalu handphone atau gadget (beserta aksesorisnya). Kemudian aksesoris mobil. Lalu kosmetik. Dan yang terakhir adalah buku.

Jadi urutan nichenya adalah:
  1.  Fashion
  2.  Tiket Pesawat
  3.  Gadget beserta aksesorisnya
  4.  Aksesoris Mobil
  5.  Kosmetik
  6.  Buku
Kalau Kita memilih salah satu niche di atas, pasti tidak akan kehabisan pangsa pasar.  Usahakan niche yang kamu pilih bisa ditelusuri kembali menjadi sangat spesifik, tapi harus tetap ada pangsa pasarnya. Penelusuran yang lebih dalam lagi dari niche disebut sub-niche. Jika Kita memilih niche kosmetik, maka Kita bisa memilih sub-niche seperti berikut :
  1. Pemutih kulit,
  2. Obat jerawat,
  3. Vitamin rambut,
  4. Lulur dan sabun herbal,
  5. Pelangsing sehat, dll
  
Jika Kita memilih niche fashion, maka kamu bisa memilih sub-niche sebagai berikut :
  1. Jilbab,
  2. Kemeja formal,
  3. Sepatu,
  4. Ikat pinggang,
  5. Tas kulit,
  6. Sandal gaul, dll
Jika Kita ingin menguasai bisnis yang sedang ditekuni, kuasailah dengan benar niche (ceruk pasarnya), pelajari, dan jadilah ahli, benar- benar ahli. Dengan cara ini Kita akan menang dan memiliki bisnis yang menguntungkan, stabil, serta tahan lama.
    Load disqus comments

    0 komentar